Monday, March 27, 2017

Proses Seleksi Calon Staf PT Asuransi Jiwasraya (Persero)

Setiap perjalanan mencari pekerjaan harus kita syukuri terutama mendaftar di Perusahaan BUMN  yang sangat melatih kesabaran kita karena proses seleksi yang begitu panjang terutama Jiwasraya,

Kebetulan saya ikut Rekrutmen ini karena dapat brosur di grup teman kuliah di whatsapp, sudah lama mau mengikuti seleksi jiwasraya ini yang sebelumnya di awal maret ada rekrutmen juga, tapi karena waktu itu baru saja saya tandatangani kontrak mengajar di UIN Makassar jadinya tidak bisa ikut seleksi waktu itu,,

Bulan Agustus dimana mahasiswa masih liburan semester yang artinya saya libur mengajar dan nganggur dirumah, OK ! saya yakin mau ikut selesksi Jiwasraya kali ini, sapatau rejeki saya ada disini...

Saya Daftar Online tanggal 28 Agustus 2016 sebelum batas akhir pendaftaran yang ditutup 3 September 2016... ( Rekrutmen khusus yang lokasi tesnya di Pontianak, Makassar, Manado, dan Jayapura) walaupun ini cuma dibuka di empat kota tapi peminatnya sangat banyak sekali, dan jumlah yang akan diterima cuma beberapa saja..

sempat lupa juga klo pernah daftar online jiwasraya ini, karena baru dapat email lagi dari Tim Rekrut Jiwasraya itu 31 Oktober 2016, dua bulan lebih dari pendaftaran online sampe ke pengumuman tahap selanjutnya, tahap ini ada dua rangkaian tahap tes di hari yang berbeda, 1 november 2016 tes Online (GIA & PPA) oleh Thomas International, jadi kita tesnya online di rumah saja nantinya dikasi user sama password buat login, waktunya cuma 45, trus hari kamis 3 November 2016 Seleksi administrasi kelengkapan berkas, semua berkas dibawa hari itu juga dan mengisi semacam CV yang formatnya dari Jiwasraya langsung, kemudian lanjut Wawancara dari Tim Rekrut JS langsung yaitu dari SDM Jiwasraya, ada 3 orang pewawancaranya Mas Adit, Mas Lakso, sm Mas Novrizal, disini ditanya tanya tentang diri kita dan apa yang kita tulis di CV kita, intinya klo wawancara begini ya jujur saja apa adanya tanpa dibuat buat... setelah wawancara selesai pulang lagi nunggu pengumuman dan malam hari itu juga langsung di umumkan untuk ke tahap selanjutnya Leaderless Group Discussion di hari jumat 4 November 2016, waktu itu saya kebagian jadwal jam 10 pagi, perkelompoknya 8 orang, katanya teman seperjuangan tes ada juga yang kelompoknya ada 10 orang... LGD ini berlangsung 30 menitan, kita dikasi contoh kasus trus kita diskusikan, tips dari yang berpengalaman ikut tes LGD katanya jangan terlalu mencolok, selalu bicara, mending sedikit bicara tapi berbobot (ini nih yang aku pake pas tahap ini), sempat down sedikit pas teman sekelompok itu ada yang banyak bicara dalam arti dia mendominasi diskusi itu (dan yang ini ga lolos ke babak selanjutnya, gatau juga apa sebab dia ga lolos)...

hampir 3 minggu pengumuman ke tahap seleksi selanjutnya diumumkan di 22 November 2016 lewat email dimana tahap selanjutnya itu In-Depth Interview (wawancara langsung oleh Kepala Divisi SDM Jiwasraya dan Tim) 25 November 2016, saya kebagian jam 14.30 lokasi tesnya di kantor Wilayah Makassar di Ratulangi, dan ternyata dari 8 orang kelompok saya pas LGD kemarin itu yang lolos ke tahap ini ada tiga orang.. selama Tes wawancara ini ga ada batasan waktunya berapa lama, pokoknya sampe pewawancaranya puas nanya nanya, atau bisa jadi sampai ga ada lagi yang mau ditanyakan dan katanya ada 21 orang yang ikut tahap wawancara ini..

Ga butuh waktu lama menunggu pengumuman akhirnya di 2 November 2016 ada email dari Tim Rekrut Jiwasraya isinya pengumuman ke tahap selanjutnya yaitu Psikotes  hari selasa 6 November 2016, dari emailnya sudah ketauan klo yang di email itu ada 11 orang berarti kurang lebih setengah dari yang ikut tahap sebelumnya.. Nah, dari serangkaian seleksi ini, tahap ini yang paling lama, dari jam 8 pagi sampe Magrib, lokasi tesnya di hotel Horison untungnya kita dikasi makan siang di resto hotel, Alhamdulillah ada logistik.. Oia, sementara tes psikotestnya berlangsung, kita dipanggil satu satu untuk interview psikotest... lumayan sangat capek seharian tes ini.. siap siap minum vitamin saja..

Setelah tes Psikotest yang bikin punggung pegel pegel itu akhirnya dua hari kemudian 8 November 2016 ada email yang selalu kita tunggu tunggu (email dari Tim Rekrut Jiwasraya) yang isinya klo saya diundang ikut tahap selanjutnya, tahap terakhir dari serangkaian seleksi ini, tahap Medical Check Up (MCU) / Tes Kesehatan di hari sabtu 10 November 2016 jam 8 pagi, pas di email itu udah ketauan klo yang ikut MCU ini semuanya yang ikut tes Psikotest kemarin, sehari sebelum MCU kita di SMS sama Tim Rekrut JS klo sebaiknya puasa 12 jam sebelum ke Prodia,, disitu saya cuma puasa makan saja, cuma perbanyak minum air putih biar ga lemes pas di Prodia.. tapi yang penting sih kita dikasi makan di Prodianya,, yeayyy...

Pengumuman akhirnya yang bikin galau, degdegan juga... kan sedih rasanya klo sudah sampai tahap MCU ternyata ga keterima jadi pegawai Jiwasraya.. entah itu kita yang sakit atau memang benar benar ga memenuhi syarat atau mungkin bisa jadi ada yang aneh di diri kita sampe ga lulus psikotest.. intinya tetap  berpikir positif saja, perbanyak doa, Man Jadda Wajada, Man Shabara Zhafira, Man Sara Ala Darbi Washala.....

2,5 bulan waktu yang cukup lama untuk kita berdoa sambil menunggu pengumuman terakhir, ada satu waktu dimana hari itu antara tetap menunggu pengumuman terakhir ini atau melanjutkan mengajar lagi di kampus ketemu sama mahasiswa yang unyu' unyu', karena penasaran kapan akan diumumkan akhirnya dengan memberanikan diri saya telpon Pihak Tim Rekrut Jiwasraya tanya kapan diumumkan, dan jawabannya katanya minggu depan, 21 Februari 2017 akhirnya ada telpon dari Jiwasraya klo saya diterima bekerja, akhirnya penantian selama ini berbuah manis.. senang? iya (ga galau lagi), bahagia? iya (proses begitu panjang yang hasilnya membahagiakan), Sedih? Iya (sebentar lagi jadi anak kosan lagi, jauh dari orang tua lagi), dan tanda tangan kontraknya di tanggal 9 Maret 2017 hari itu cuma saya sendiri yang TTD Kontrak, sementara 8 teman yang lain TTD kontraknya di hari jumatnya 10 Maret 2017, dari 11 orang yang ikut tes tahap terakhir yang keterima ada 10 orang tapi satu orang terlanjur keterima di perusahaan lain, jadi cuma 9 (rekrut Makassar) yang jadi tanda tangan kontrak, kenapa saya ttd kontrak duluan karena harus ke jakarta 13 Maret 2017, 15 Maret 2017 kita mulai masuk kerja.. deg degan juga nih, belum cari kosan, sendirian pula jadi anak baru di kantor baru, kantornya juga belum tau dimana cuma tau alamatnya saja..

Oia,,,Terima kasih Untuk orang-orang yang selalu memberi dukungan, insyaAllah kebaikannya akan dibalas sama Allah...

Hikmah dari Proses Rekrutmen yang panjang ini (28 Agustus 2016 - 21 Februari 2017)... Ga ada Usaha yang Sia-Sia, di balik itu semua kita jadi lebih dewasa lagi, lebih menghargai waktu menunggu.
saya akan selalu mengingat setiap detil proses Rekrutmen ini, tak akan terlupakan..
dapat teman seperjuangan yang sudah seperti saudara sendiri (JS jubel),,, Dek Octo yang pertama ketemu di tangga di hari tes pertama, ternyata jadi satu kelompok juga pas LGD,,sampe sampe kita bikin grup sendiri di Line yang awalnya anggotanya cuma teman grup LGD yang meluas di isi anggota grup LGD yang lain juga, satu persatu anggotanya left Group sedih juga ada yang gugur di tengah perjalanan proses seleksi ini... sampai kita merasa ga nyaman (menjaga perasaan teman2 yang ga lanjut lagi) akhirnya kita bikin grup baru lagi yang isinya teman2 yang keterima sampai tahap MCU. Alif yang ternyata temannya adalah temanku yang akhirnya kita temenan juga dari awal kita ga se grup tapi teman yang selalu menghibur kita semua di waktu kosong selama perekrutan dengan candaannya yang bahasanya tingkat tinggi yang semuanya masuk akal klo dipikir-pikir. Aldi pertama ketemu pas jalan ke masjid sampe akhirnya sering makan bareng di satu meja yang sama.. Febry, Fais, DJ, Melsi, Thariq (kayak ngabsen satu satu)  bareng2nya pas akhir-akhir MCU barulah kita akrab dan harus kepisah pisah penempatan kita, beruntunglah mereka yang segedung.. tapi kita tetap satu atap (Jiwasraya) teman-teman... sampe saat saya tulis tulisan ini komunikasi kita para jubels (rekrut Makassar, Manado, Pontianak) masih lancar.. semoga selamanya silaturahmi kita berjalan lancar...

Tuesday, June 7, 2016

perpanjangan dan perubahan data paspor

Assalamu alaikum...

Beberapa bulan ini disibukkan dengan masalah paspor... setelah saya pikir-pikir saya harus berbagi pengalaman ini ke orang orang yang mau buat paspor tapi datanya beda di KTP sama berkas lainnya dan juga yang kasusnya sama dengan saya,,, kenapa data paspor saya salah?.. awal pembuatan paspor saya itu di tahun 2009, dulu saya masih belum tau tentang paspor, saya cuma taunya paspor itu sebagai tanda pengenal kita di negera orang, waktu paspornya sudah jadi  saya cuek saja dengan data yang berbeda itu, pikirku itu adalah paspor Haji yang hanya dipake sekali, ternyata itu adalah paspor hijau yang bisa dipake ke seluruh negara... kesalahan saya adalah harusnya waktu paspornya terbit saya langsung perbaiki tahun lahir saya yang salah tapi yah itu saya hanya dengar dari orang orang yang telah melaksanakan ibadah haji klo paspornya beda sama paspor hijau itu... (kesalahan ini jangan diulang lagi sama kalian, cukup saya yang alami)...*rempong ngurusnya..

Nah Sebelum mulai mengurus ini itu, senjata saya mengumpulkan semua data asli saya (KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah yang ini saya bawa semua ijazah yang memuat tanggal lahir saya). Ternyata tak sedikit masyarakat yang terkena kasus keimigrasian seperti saya dan tidak tau cara menyelesaikannya, mau gak mau kita harus intens datang ke imigrasi untuk tanya langsung ke petugas imigrasi itupun biasanya mereka hanya memberikan informasi umum contohnya cara pembuatan paspor, kalau ada masalah masalah lainnya ya harus ke bagian WASDAKIM (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) karena saya buat paspornya di imigrasi Makassar, saya harus ke kantor yang di Jl.Perintis, sampai di kanim perintis saya disuruh ke kantor imigrasi yang di Jl.alauddin, baru beberapa bulan yang lalu kantor imigrasi bikin cabang di alauddin resiko harus bolak balik perintis-alauddin yang butuh jarak tempuh 45 menit pake mobil, 25 menit pake motor yah mau gimana lagi karena berurusan dengan bagian ini adalah orang yang terkena kasus keimigrasian seperti paspor hilang, ubah data paspor, dll..

Paspor saya yang expired agustus tahun 2014 itu seharusnya saya perpanjang 6 bulan sebelumnya artinya di februari 2014 saya harus perpanjang, tapi butuh waktu lama kalau harus ubah datanya waktu itu sementara saya sudah beli tiket ke singapur sama teman-teman waktu itu, jadinya kuputuskan untuk memperpanjang sesuai data yang di paspor saya sebelumnya, cerita perpanjangnya ada di postingan sebelumnya.


Mumpung baru lulus kuliah, sudah tidak disibukkan dengan urusan kuliah, sekaranglah saatnya saya harus mempunyai paspor yang sesuai dengan tahun lahir saya yang sebenarnya, padahal paspornya baru expired februari 2019 tapi saya tidak mau mengulangi kesalahan saya yang menunda-nunda mengubah data paspor hanya karena memikirkan ribetnya pengurusannya dari A sampai Z,,,

saya mengurus perubahan data paspor ini sendiri yang kadang ditemani sama mama (ga pake calo),.. langsung saja ini tahap tahap pengurusan yang sudah saya lewati semua sampai paspor yang data tahun lahirku diubah ke data yang asli.
a. bawa dokumen asli semua dari akta kelahiran, KTP, KK, ijazah terakhir dan paspor lama yang untuk perpanjang sekalian mengubah data) ke kanim tempat diterbitkannya paspor yang lama

b. langsung ke wasdakim untuk bertanya soal prosedurnya. kalau saya harus bolak balik kantor kanim yang di jl.perintis-jl.alauddin sehari hanya bisa satu kali bolak balik karena waktunya yang begitu kurang pas, pas nyampe kantor yang satunya tutup, hehe..

c. di wasdakim, saya ditanya-tanya kenapa bisa ada kesalahan data pada paspor, saya ceritakan dari A sampai Z nya, Alhamdulillah ibu wasdakimnya baik langsung minta saya ke pengadilan negeri sesuai alamat yang di ktp saya. padahal banyak yang bilang bagian wasdakim itu terkesan galak dan kurang ramah.. *janganpercayasebelummengalaminya, hehe

d. ke pengadilan untuk membuat surat putusan pengadilan. saya ke bagian perdata dengan membawa berkas yang sama dengan yang saya bawa ke kanim, langsung dibuatkan permohonan pengajuan perkara dan membayar di bank sebesar Rp 310.000, setelah itu ke kantor pos setempat minta pengesahan dengan membawa copyan berkas, sekalian beli materai 7 tau tau nanti dibutuhkan mending lebih daripada kurang, kalau lebih bisa dibagi ke yang membutuhkan kebetulan waktu itu banyak yang butuh materai, kemudian kebagian hukum minta di stempel pengesahan berkas yang tadi dan membayar lagi perlembarnya Rp 10.000 (berkas saya ada 5 lembar, KTP, kk, akta kelahiran, ijazah SMA, paspor lama) jadi Rp 50.000.

e. pulang ke rumah nunggu panggilan sidang, empat hari setelah pengajuan permohonan itu jadwal sidang saya sudah keluar, tiga hari setelahnya saya sidang, jadi dihitung dari awal pengajuan permohonan itu ada sekitar semingguan baru sidang. sebelum sidang saya minta tante dan om untuk jadi saksi di persidangan.

d. Alhamdulillah sidang yang berjalan 30 menit itu berjalan lancar permohonan saya diterima untuk perubahan data pada paspor dan saya ga se degdegan waktu sidang thesis.. :). kebanyakan ada yang ditolak juga tapi kasusnya beda dengan saya misalnya perubahan nama, untungnya saya cuma tahun lahirnya yang salah .. setelah sidang pertama nunggu seminggu lagi untuk sidang kedua yaitu sidang pembacaan putusan pengadilan. nah pas sidang kedua itu saya cuma datang berdua sama mama (ga perlu bawa saksi lagi).

e. putusan pengadilannya saya tunggu hari itu juga dan langsung jadi hari itu juga, setelah putusan pengadilannya jadi saya membayar lagi sebesar Rp 100.000 , setelah itu putusan pengadilannya saya copy, minta pengesahan dan bayar sebesar Rp 50.000

setelah putusan pengadilan sudah ditangan, saya tidak langsung ke kantor imigrasi waktu itu juga (masih capek memikirkan apakah nanti diterima atau ditolak kantor imigrasi karena putusan pengadilan itu cuma syarat awal). 

f. sebulan setelahnya saya ke kantor imigrasi dengan membawa surat putusan yang sudah dilegalisir, yang asli disimpan sendiri. saya mengikuti proses BAP (berita acara pemeriksaan) di bagian wasdakim. setelah itu semua berkas dan hasil BAP siap di proses. dua hari setelahnya saya dipanggil foto dan wawancara, kemudian kwitansi pembayarannya saya pegang dulu, waktu itu sudah diminta bayar hari itu juga tapi saya langsung pulang dan menunggu keputusannya permohonan saya disetujui atau tidak perubahan paspor saya sama pusat, seminggu kemudian baru saya bayar, dan paspor saya jadi tiga hari kerja setelah saya bayar sebesar Rp 350.000

saya mulai urusan perubahan paspor ini dari bulan januari sampai bulan April, sebenarnya bisa lebih cepat seandainya februari setelah putusan pengadilan keluar saya langsung ke imigrasi, tapi ya itu karena kebanyakan mikir, sebenarnya kalau berurusan sama imigrasi jangan setengah hati,, biar ga sakit hati,, hehe....
intinya jalani semua proses dengan sungguh-sungguh, kalau bisa urus sendiri (tenaga terkuras tapi dompet puas), jangan pakai calo karena kata orang kebanyakan calo itu PHP dan minta banyak bayaran..

Alhamdulilah setelah perjuangan ini paspor dengan data asli saya sudah jadi....

Monday, February 2, 2015

kopdar Indonesian Hijab Blogger Makassar

Assalamu alaikum wr. wb.

Alhamdulillah,,, setelah KopDar Indonesian Hijab Blogger (IHB) di Jakarta dan #KopDarIHByogyakarta di bulan desember tahun kemarin (2014) sukses, tahun ini tepatnya hari ini Indonesian Hijab Blogger mengadakan Kopdar di Makassar yang diadakan di London Cafe, Alauddin, Makassar. Ada 14 hijab blogger yang hadir di kopDar ini yang semuanya orang sulawesi selatan.

seperti yang diketahui sebelumnya tujuan KopDar ini sebagai tempat silaturahmi antar hijab blogger dan tempat berbagi pengalaman tentang dunia blogging. semoga semakin semangat menulis di blog.

Indonesian Hijab blogger (IHB) sekarang ini namanya sering disebut-sebut oleh para blogger di nusantara, suatu wadah tempat para blogger mempererat tali silaturahmi antar hijab blogger.. terima kasih para founder IHB yang telah membentuk wadah yang istimewa ini..

Dari beberapa orang yang daftar ikut KopDar, ada yang tau infonya dari sosmed, dari teman ke teman akhirnya terkumpul juga beberapa orang, sayangnya ada yang sakit jadi berhalangan datang, yah namanya juga sakit datangnya tiba-tiba, semoga saja yang sakit lekas sembuh, tapi jangan sedih juga ga bisa ikut, semoga masih ada kopdar-kopdar IHB selanjutnya..

Seminggu dari beredarnya info kalau akan ada kopdar di Makassar, banyak blogger yang  mengira kalau KopDar ini adalah KopDar komunitas hijabers yang dimata orang makassar hijabers identik dengan "hijabfashion" dan kebanyakan dari mereka bilang gini *logatmakassar "ideeehh mauka juga ikut kopdar kodong tapi nda tauka saya pake jilbab rompa" (aduh gimana dong saya juga mau ikut kopdar tapi hijab saya ya begini saja simple ga neko2)... hehe dalam hatiku juga bilang begituji... padahal KopDar ini adalah KopDar blogger muslimah yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap blogging..

Acara tadi diisi dengan perkenalan dari masing-masing blogger, mungkin karena semuanya satu daerah dan satu bahasajadinya tidak butuh waktu lama untuk membaur satu sama lain.  Selanjutnya semua hijab blogger berbagi pengalaman dari awal memutuskan menjadi blogger, suka duka jadi blogger, bercerita tentang blogger favorit, dan resolusi blog kedepan.  


Di KopDar ini Alhamdulillah ada blogger yang  antusias sampai bawa anaknya yang masih kecil, ada juga dua blogger yang lagi sakit tapi menyempatkan hadir untuk silaturahmi dan berbagi cerita hingga meninggalkan tempat KopDar sebelum acara selesai..









Terima kasih kepada Indonesian Hijab Bloggers yang sudah berpartisipasi dalam acara KopDar hari 
ini. InshaAllah akan ada kopdar-kopdar berikutnya di waktu yang akan datang...  
Semangatki' menulis di blogta' :D

 

Sunday, December 21, 2014

kopdar Indonesian Hijab Blogger jogja

assalamu alaikum wr wb...
alhamdulillah akhirnya bisa nulis lagi setelah vakum beberapa bulan karena sibuk baca baca jurnal ditambah lagi tugas yang berantai itu....

jujur ini postingan yang bisa dibilang mau ga mau harus nulis titik (.)... hehe....
setelah ikut kopdar  IHB (indonesianhijabblogger) di jogja,,, semangat nulis itu datang lagi dari teman-teman blogger yang berbagi pengalaman dari awal ngeblog sampe sekarang... rasa-rasanya blogku ini ga ada apa-apanya dibandingkan blog mereka para blogger,,, apalah blogku ini hanya sebatas diari online yang ga akan pernah dimakan rayap... hehe...

alhamdulillah dengan ikut kopdar ini teman blogger yang biasanya hanya bisa baca blognya sekali dua kali tanpa mengingat yang punya blog itu siapa akhirnya bisa ketemu langsung,, "ooohh itu blogmu yaa yang pernah kubuka" kataku...

sebenarnya sih kemarin itu pengen banget ikut kopdarIHB di jakarta tapi yah karena hari itu hari senin dan aku ada kuliah yah mau ga mau harus rele serelarelanya ga ikut kopdar padahal kan salah satu mimpiku itu mau ketemu langsung sama kakak kakak hijab blogger yang blognya sudah terkenal...
ga tau kenapa aku itu ngefansnya bukan sama artis, pemain film, atau penyanyi sekalipun tapi aku ngefansnya ke blogger... ga tau kenapa... mungkin juga salah satunya karena blogger itu jujur nulis tentang dirinya sendiri dibandingkan artis yang cerita hidupnya ditulis sama wartawan... aduhh tuh kan jadi meleset lagi ceritanya... fokus fokus fokus #IHB

dua jam setengah kurang lebih kopdarnya yah sangat sangat ga puas maunya seharian lebih hihihi,,, tapi gapapalah yang penting kenalan dulu,, tau garis besar blognya tentang apa,...
salut deh buat kopdar ini yang katanya dadakan,, hehehe...

setelah jakarta, jogja, kota mana lagi ya berikutnya, harapannya sih pas kopdar di makassar pas akunya libur jadi bisa sekalian (hemat tiket pesawat)... hehe....

intinya tetap nulis di blog kapanpun itu,, ga mesti tiap hari yang penting ga lupa password!!!
senang sekali ketemu kalian teman teman hijab blogger... :*

Wednesday, August 27, 2014

masih seperti yang dulu

ini tokoh (sahabat poksipomi) yang ngisi hari-hariku di kampung halaman tercinta butta panrannuangku (Takalar)..,,
biar enak bacanya gitu... hihi... memang sering sih kusebut-sebut namanya di blogku ini tapi ini biar lebih ngenal mereka-mereka poksi pomi yang telah berhasil nyoret-nyoret seragam SMA, kalau beberapa dari mereka itu sifatnya lagi menyebalkan, kita ga pernah bisa marah dan kalau bete pun pasti nanti ujung-ujungnya nyariin karena kangen :*

langsung aja yaaa....



IHDIANI ABUBAKAR yang akrab disapa Nini ini,, kenalnya pas kelas satu SMP tapi ga sekelas,, kelas SMP sampe kita melepas seragam putih biru baru kita sekelas sampe akhirnya kita berjuang sama-sama waktu Ujian nasional SMP,, seminggu kita nginap bareng di rumah guru, belajar ga kenal waktu, ngabisin makanan di rumah guru,, hihi itu demi kita lulus dengan nilai yang sangat-sangat memuaskan,, siapa sangka kalau kita lulus dengan nilai yang kita harapkan dan bisa lulus masuk di SMA tanpa harus ikut tes dan dapatnya kelas X.1 ,, yeyeye tos dulu dong... bisa dibilang Nini ini teman sekelas yang juga pergi les pun bareng .. sampe akhirnya kita lulus SMA, lanjut kuliah di tempat berbeda pisah selama empat tahun, menjalani persahabatan jarak jauh kata kerennya LDRan, pas sudah sarjana yang pikirannya bakalan menetap di Takalar yang  artinya ga ada alasan lagi buat kita ga ketemuan secara rumah kita jalan kaki juga nyampe.. eh eh tapi ada ada saja yang buat kita LDRan lagi, lanjut S2 di pulau yang sama namun berbeda tempat yang waktu tempuhnya biar bisa sampe ke bogor 10 jam kalau naik kereta,, tapi lupakan itu semua bebs walaupun begitu buktinya kita sering sama2, komunikasi lancar,,, alhamdulillah yaa...


INDAH REZKY MULIA yang indah tiada tara dimatanya ***** upsss... Kiki ini teman dari SD yang  kita sekelasnya baru kelas dua SMP sampe lulus SMA... diantara yang lainnya kiki ini yang rumahnya paling dekat dari rumahku setelah Fajrin... bisa ngesotlah klo ke rumahnya kiki... hampir setiap waktu ketemu kiki,, kiki ini orangnya fleksibel, diajak kemana aja oke... orangnya juga ga pernah berubah dari dulu gitu gitu aja,, mukanya polos yang bisa memikat hati cowok sampe ga bisa move on,, hahaha pisss bebskiiii *pelukkiki.... terlepas dari itu semua,, dia sosok gadis tangguh (kataseseorang) dengan alasan yang sangat masuk diakal, selama empat tahun bolak balik dari rumah ke kampus itu 40 km belum lagi ditambah macet segala macam bisa lulus kuliah tepat waktu sampe sampe kiki selalu dapat penghargaan cewe paling cantik di petol-petol *hehekidding... tapi dara Takalar ini yang selalu menemaniku disaat saat galau, dia ga pernah absen,, biasanya juga aku mikir apa memang cuma aku yang selalu galau yaaa...hahaha


HARDIANTI D.. gadis behel yang akrab dipanggil oknya,, tapi lebih sering dipanggil Anti ini kita baru kenalan dan langsung akrabnya pas MOS SMA,, awalnya smsan tiap malam bahas perkara yang harus dibawa keesokan harinya di sekolah ini biar ga dapat hukuman dari kakak kelas panitia MOS,, haha.... Anti ini gadis satusatunya diantara kita yang sibuk jaga puskesmas (coass), susah kalau mau diajak ngumpul, harus curi waktu dulu,,, kadang kita harus buat waktu sendiri demi ibu dokter ini,, hihi... sekarang ini komunikasi lewat telepon juga lancan aman sentosa,,, setidaknya mengurangi rasa kangen sama suaranya yang kejepit itu... piss bebsti *pelukanti.... rumahnya yang agak jauh dikit dari rumahku yang bikin kita ga berani ke rumahnya tanpa dikawal sama teman cowok bisa bisa ada yang ngehadang kita tengah jalan,,, LOL!... ayo dong sekali-kali liburan kesini jangan jagain puskesmas mulu... ga bosan apa??... hahaha.... pokoknya ditunggu selalu kedatanganmu bebsti...cepat menikah lah.. ga sabar mau pake baju seragam warna kuning... yah yah yah....


MUSDALIFAH.. nah ini nih gadis yang paling perpek... sama kayak kiki, Ifa ini teman dari SD yang sekelasnya baru kelas dua SMP,, teman ikut lomba-lomba Mipa,, disitulah kita sering sama-sama,,.. oiyaa kembali ke "perpek" tadi,, Ifa ini orang yang paling benci kalau bukunya kusut hahaha,,, serba rapih pokoknya,, milih pacar juga gitu ga boleh asal pilih,, sampe sampe pacarnya lima langkah dari rumahnya sendiri,,, hihi.... pissss bebsfaa *pelukifa... Sekarang kalau ngumpul bareng poksipomi Ifanya sering telat itu karena dia sudah kerja jadi kadang juga dia ga bisa gabung sama kita-kita ini... yahhh cepat nikahlah pokoknya bebs,,, ingat baju seragam 4 yakkk....


FAHMI TADJUDDIN,, fahmi daeng buang yang kupanggil Oppa ini,, teman dari SD yang baru dekat pas lulus SMA,, aduh susah juga yah persahabatan kita diuji sampe segitunya,, dia teman yang berpakaian sangat rapih tapi culun juga untungnya dia berubah setelah kuliah di teknik mesin,, haha...
dia sahabat yang selalu punya cara biar kita bisa ngumpul bareng entah itu sekedar makan bakso yang penting ngumpul,, yahhh begitulah mungkin dianya baru sadar kalau selama ini ada poksi pomi sahabatnya yg cukup dicuekin pas masa masa SMA... hihihihi... pahmi ini pecinta wanita (satuwanita) tapi pernah terjebak cinta monyet yang bikin aku penasaran sama ceweknya ini,,, sampe kukepoin segala,, hihi bukan apa-apa,, aku cuma pengen tau aja cewe seperti apa sih yang bisa mengalihkan dunia(secretadmirernyaoppa) oppa... hahaha....


FIRMANSYAH,, firman daeng lalla,, teman dari SD yang cuma badannya aja yang berubah jadi gendut, yang sekarang sedang menjalani OCD dengan serius,, teman yang ga pernah marah, diapapun bisa,, cowok simple,, selalu punya waktu buat kita,, jarang nolak ajakan makan-makan *assalakpangnganreang ... gimana ga gendut kalau begitu man.... :p... cowok multi talent,, apapun bisa,, satusatunya cowok yang ga takut megang gitar.. jago masak pulak (eh yang lain juga jago masak)... selalu menebar senyumnya yang lebar,, hahahaha


MUHAMMAD FAJRIN... cowok selundupan alias cowo pindahan dari makassar,, masuk ke tengah-tengah kita,, menambah bahan lelucon... lucu ga lucu yang penting ketawa,, cowo yang sekarang ini sibuk fitness biar keliatan keren depan cewek cowok,, jago makan tapi badannya gitu gitu aja ga berisi..paling rajin mandi diantara semuanya,, paling rajin di dapur...selalu tepat waktu jemput kita kita yang sedang kesusahan....


MUHAMMAD FADLI FAUZI,, fadli godets yang jijik dipanggil ngong ini orangnya kaya akan brewoknya,, suka ngambek,, dikit dikit keluar dari grup kalau ga diajakin ngumpul bareng,, haha... namanya juga sibuk kerja fadli yah maklumilah kita kita ini yang lebih mementingkan pekerjaanmu.. fadli ini bapak kos yang suka php-in cewek,,, kasian anaknya orang di PHP sama kamu,, awas nanti brewoknya rontok... hahaha :p

Ga ada yang lebih bikin ngakak dari liat foto-foto kita yang ga pernah basi itu.. dan juga video yang diambil pake kamera hp pun masih bikin ngakak guling-guling..,,sampe mempertaruhkan harga diri karena sering dibully dan aku baru sadar siapa kalau itu bakal bisa kita liat terus sampai nanti kita tua.... #selalubegini kawan,, 

Saturday, March 8, 2014

seminar program mencetak 1000 aktuaris

asslamu alaikum...
apa kabar semua??? (harapannya baik)... kembali lagi bersama saya uni, di blog tercintaku ini (reporterdadakan)...:D
sekarang live report di hotel inna garuda yogyakarta... di sini ada seminar program mencetak 1000 aktuaris,, pesertanya bukan hanya dari mahasiswa tapi ada juga dari siswa SMA (7 orang)..
seminar ini di buka dengan sambutan dari pak wakil dekan UGM... selanjutnya pembicara kedua dari bpk. Yusman (keynote speaker OJK (otoritas jasa keuangan) Bapak Ari munandar, bpk. Budi tampubolon dari PAI(persatuan aktuaris indonesia), bpk. Azwir Arifin dari AAJI (asosiasi asuransi jiwa Indonesia), bpk.Masdar dari AAUI (asosiasi asuransi umum Indonesia), bpk. Danardono dari UGM,, dan moderatornya bpk. Adhitya Ronnie Effendie (dosen UGM)...

kembali ke topik...
kata pak Ronnie tujuan program yang mulia ini untuk menambah populasi aktuaris di indonesia...
disini kita bisa tau apasih OJK itu?.. kenapa OJK itu care sama aktuaris?... yah seperti misi OJK mengatur, mengawasi, melindungi untuk industri keuangan yang sehat...

"program percepatan peningkatan jumlah aktuaris demi kemajuan industri keuangan non-bank khususnya demi mewujudkan industri perasuransian indonesia yang lebih sehat dan kuat"...

aktuaris itu great job criteria: high pay, low stress, a robust hiring outlook, a healthy work environment and minimal physical exertion

nah saya sendiri yang sekarang lagi sibuk-sibuknya kuliah di jurusan matematika minat Aktuaria, sangat excited ikut seminar ini... seminarnya gratis pula (mahasiswa klo gratisan aja cepat)..
tadi saya tidur jam 3 subuh trus bangunnya jam 5 subuh, tidur dua jam ga cukup, kayaknya bakalan tidur pas seminar (rugi dong) tapi kenyataannya seminarnya menarik alhasil rasa ngantuknya di tahan... hehe ..

Saturday, February 22, 2014

backpackeran di singapore #3

saya mandi di bandara (mumpung clenaning servicenya belum bangun)... katanya kalau kedinginan langsung mandi itu bisa ngurangin rasa dingin yang nusuk-nusuk... haha (petuah Orang tua berguna juga)..
abis mandi, kami solat tanpa tau arah kiblatnya dimana, kita nebak-nebak aja tapi kayaknya kiblatnya benar kok...
baru nyadar kalau ternyata hari ini hari terakhir kami di Singapura,, katanya nih ternyata Mba Dina, Maruf, dapat marah sama cleaning servicenya,, huhu... beruntunglah saya yang mandi pas lagi sepi-sepinya... cuss kami sarapan di foodcourt yang murah ituuuu sebelum nyari bahan buat ngisi lembar diary kami (jalan-jalan)...
kami ke little india... ke mustafa.. disitu saya ngga beli ini beli itu karena disamping barang bawaannya berat juga,, mau beli apa disana ga tau juga,, lebih milih beli di indo...
senyum dipaksa.. :(

sebelum ke patung singa kami ke bugis lagi buat beli coklat,, disini lagi-lagi Maruf hilang, kami sadar sih sebenarnya kalau Maruf ga ada di belakang kami, tapi kami pikir dia hilangnya sama Dedy, yah ga papa lah Maruf kan jago bahasa inggrisnya, setidaknya bisa nyari jalan lurus (padahal kami was was juga kehilangan Maruf).. disela-sela kami sibuk liat-liat baju kaos yang bertuliskan I love SG itu Maruf datang trus kata Maruf "aku hilang kok ga dicariin sih" (sambil mewek)... aduh sedih juga ngeliat Maruf nangis gitu, terima kasih Dedy udah rela ngejar Maruf,,, so sweet deh kalian...
abis belanja belanja barang kami nambah lagi, kami mau naik bus tapi kalau naik bus itu biar waktunya efisien kita harus tau dulu nomor bus yang mau ke merlion park, yahhh ngga jadi naik bus lagi dong,, kita naik MRT lagiii,, gapapalah ini demi waktu yang berharga itu.. sampe di stasiun kami harus jalan kaki lagi biar bisa sampai ke patung singa ituu,, saya sama Mba Dina biar semangat jalan kakinya, kita seolah-olah lagi di acara Running man yang ngejar emas batangan,, hahahaha....
kata orang-orang di singapura itu ada es krim yang harganya 1 sgd, ternyata itu hanya es yang dipotong pake pisau biasa, itu saya bisa bikin sendiri juga (sokbisa deh).. kalau mau beli es ini cuma mengandalkan bahasa inggris dasar yang anak umur sekian tahun juga bisa (one two one two)... 
foto terakhir di merlion.. :(
kami langsung ke Changi (takut kemalaman),, kita makan di Changi dari hasil penukaran kartu STP 10 sgd,, yeyeye...
oiya di Changi saya skypean sama orang rumah pake free wifi,, Aiiyy harus ikut juga,, biar orang rumah lebih yakin kalau perginya sama Aiiyy...
akhirnya selesai juga liburan kami di singapura,, semoga lain kali bisa ke sini lagi,, dengan cerita yang lebih seru,,.. :D..
Alhamdulillah...

Friday, February 21, 2014

backpackeran di singapore #2

rencana awal yang akan jalan-jalan jam 7 pagi bataallllll,,, karena kami lupa waktu, mau mandi aja saling dorong-dorong... hummm.... udah siap-siapnya trus kami sarapan gratis di hostel, isi perut dulu sebelum berperang (jalan kaki).. jam 9 kami keluar hostel dengan muka cerah lagi (hanya untuk beberapa jam).. kami jalan di sekeliling bugis, beli oleh-oleh, dan pastinya foto-foto lagiiii... kami jalannya lumayan nyaman lah berhubung barang-barang kita yang lainnya ditinggal di hostel, kami cuma bawa seperlunya aja...

karena jam 11 kami harus cabut dari hostel cozy corner itu, kami ke hostel ngambil barang-barang kita (kayak orang mau pindahan) tapi memang kita mau pindah rumah ke istana kami (Changi airport).. :D..
pertama kita mau beli STP dulu di stasiun MRT di bugis setelah perdebatan antara mau ke malaysia atau tetap stay di singapura,, di jalan kami ketemu sama ibu-ibu beserta adik dan anaknya (purti yang suaranya kayak upin-ipin), kami minta info-info yang bisa memudahkan nentuin pilihan kami, dengan bismillah (banyak pertimbangan kalau ke malaysia) kami memilih habiskan liburannya di singapura... kami beli STP 26 sgd untuk dua hari,, dan juga 4 sgd buat ke sentosa...
di stasiun, mba Dina harus balik ke hostel lagi (sendirian) ternyata handphonenya ketinggalan di kamar mandi hostel, Alhamdulillah handphonenya selamat...
nah pas kita transit itu Maruf ketinggalan di MRT, kami udah pada turun, eh Marufnya lanjut (Dedy sih ga megang tangannya Maruf :p).. ada hikmahnya juga Maruf salah jalan, kita bisa istirahat deh.. Maruf akhirnya selamat (ga jadi hilang),, kami lengkap lagi deh... eh eh,, Ririn juga dengan santainya jalan tanpa beban (ninggalin tasnya) balik lagi ngambil tas.. huaaaaa kok semuanya pada linglung gitu yahh...

di sentosa kita bikin musholla instan pake alas peta-peta yang di ambil di Changi (lupa abadikan momen penting ini),,
daripada motoin orang mending Aiiyy motoin aku :p...
abis dari sentosa kami ke Orchad,, yeyeye kami naik bus turun di halte depannya lucky plaza... saya sama Aiiyy beli yogurt 5 sgd berdua (hemat+romantis).. hahaha

kaki yang tak sanggup lagi akhirnya membawa kita kembali ke Changi,, sedih deh tempat makannya udah tutup, kita ke minimarket dibawah Changi beli mie instan yang ga ada garpunya

abis makan, kami tidur di kursi ini, untungnya kami ga di usir sama petugas bandara, banyak turis juga kok yang nginap di sini.. oiya,, sialnya saya kedinginan (ga bawa jaket)... lain kali kalau backpackeran lagi, bawanya yang lengkap deh... janjiiiii :(
.................. bersambung.........................

Thursday, February 20, 2014

backpackeran di singapore #1

lanjuuuutttttt.....
ini pagi-pagi di pesawat, ga boleh ngelupain momen-momen penting (foto-foto)... kita bertujuh berangkatnya pake air asia (promo)..
setelah perjalanan selama kurang lebih dua jam kami akhirnya bisa meninggalkan jejak kaki di Changi Singapura... ternyata ga jauh beda sama bandara Hasanuddin Makassar (hoho promosi)... tapi kalau masalah luas ya luasan Changi kemana-mana....
foto pertama kita di Changi
ini lagi nungguin Dinan sama Dedy yang lagi ngisi botol minum, kami harus gantian jaga tas yang sangat berharga itu...
sampai detik ini masih aman-aman saja,,kami jalan-jalan di Changi dulu (intinya foto-foto) yang kebanyakan orang pernah nyasar di situ (ga termasuk kami bertujuh).. hihi... di Changi banyak tersebar peta kok,, jadi ga bakalan nyasar (paling salah jalan),,,

oiya,, paling ga bisa dilupa itu di bagian imigrasi Changi, kami berenam lolos, tapi Dedy lama proses sidiknya disangkanya dia teroris,, hahaha... setelah nunggu beberapa menit lamanya, akhirnya Dedy bisa lolos juga (makanya janggotnya dicukur dong :p).. abis itu kami jalan lagi nyari stasiun MRT (mass rapid transit), kami ke terminal 2 dulu pake skytrain yang free free free trus beli STP(singapore tourist pass) dulu biar hemat jalan-jalannya 20 sgd, dengan refundnya 10 sgd... lumayanlah daripada jalan kaki bawa tas berat berat...
kamseupay lagii
dari Changi kami ke bugis nyari hostel, dapat hostel dengan harga 22 sgd,, lumayanlah setidaknya bisa meluruskan badan di tempat tidur dulu sebelum jalan kakinya dilanjutkan,, : D
kebetulan hostel tempat kami nginap itu dekat dari bugis junction, dibawahnya ada stasiun MRT,,, hari pertama kami keeeee Marina bay... yuhuuuu... sempat nyasar sekali (sebenarnya udah benar jalannya tapi karena ibu yang di stasiun tadi ngasih petunjuk jalannya aneh gitu makanya kami kesasar)...disini yang jadi guide kami Dinan.. kayaknya Dinan itu cocok jadi tour guide, dia cocok juga jadi photographer (lebih kerennya tukang foto keliling) gimana tidak, dia ga bisa duduk diam karena dikit-dikit ada lagi turis yang minta difoto sama Dinan... :p
bugis junction
Dedy, Maruf, Dinan, Saya, Ririn, Wahyu, Dina
seandainya kita bisa nginap disini, mungkin bisa lebih hemat.. (????) hahaha...

lain kali wajib belanja disini
kami habiskan waktunya disini sampai jam 7 malam, pas mau balik ke hostel, suddenly ada acara seru gitu,, rugi dong kalau ga dinikmati dulu,, :D... padahal cacing diperut udah ngamuk ngamuk,, lapaaaarrrrr...
pulangnya kami nyari makan di raffles place nyari yang murah meriah ga bikin muntah,, tapi makanannya masih diragukan halal apa ngga... jadi kami putuskan makan di dekat hostel,, pulang ke hostel sekitar jam 11 malam,, badan kami udah tak berdaya semua, ga sanggup lagi.. yah kita tidur alias ngecharge tenaga biar besok kuat lagi..
...........................................bersambung....................................

perjalanan backpackeran ke singapore

tibalah hari dimana liburan yang benar-benar liburan.. liburan ke luar negeri sama teman-teman dan juga sama aiiyy... karena saya berangkatnya dari bogor, yang belum hapal jalan ke tempat ambil damrinya, jadilah saya diantar sama Niny ke Botani square yang kebetulan ambil damri di dekat situ juga,, jam 3 sore kita berdua berangkat ke Botani dengan tas ransel unyuku itu dan juga tas ajaibku yang benar-benar ajaib (udah putus sisa di lem pake lem korea udah bisa dipake lagi),, hihi...
kenapa kita berangkatnya jam 3 sore kemarin? padahal pesawatnya jam 5 subuh tadi baru berangkat, itu karena belum tukar uang rupiah, jadinya mutar-mutarlah kita di dekat kampus IPB dramaga nyari bank yang bisa nukar uang, kurang beruntungnya karena harus mesan dari kemarin-kemarin baru bisa nukar uang.. tanpa pikir panjang kita searching money changer dekat Botani dan ternyata di Botanyi ada money changer.. Alhamdulillah, pas sampe Botani abis nukar uang, Poksi lapar lagi, ga tau mau makan apa, dan pilihannya jatuh ke Hansuki, kita makan sepuasnya sampe benar-benar kenyang,, ini sekalian ngejamak makanku buat malamnya di bandara (hemat),,haha....
abis makan, niatnya sih mau nonton dulu, tapi karena keburu waktu, jadinya kita berdua hanya duduk manis, foto-foto, liatin orang lewat-lewat depan kita, bosan juga sejam cuma duduk manis, nah ini nih penyakit tak tau usia kita kambuh,, kita jadi ikutan foto-foto unyu'...hihi
keluar dari Botani jam 7 teng,, lagi-lagi Niny nemenin nunggu Damri yang mau ke Soetta,, aduh makasih banyak Niny syg,, udah berkorban banyak.. *jaditerharu....
tepat jam 8 saya berangkat ke Soetta sendirian naik Damri (ada pak supirnya sama penumpang yang tak kukenal seorangpun)..
oiya perlu ditegaskan karena dari Makassarnya kemarin itu bawaannya banyak sekali makanya bawa seadanya (bukan seperlunya).. di Damri sumpah dingin banget mana aku ga bawa jaket lagi.. jadinya kedinginan (masa iya kepanasan)..*huaaaa....
perkiraan nyampe bandaranya jam 10 tapi kebetulan ga macet makanya jam 9 lewat sedikit udah nyampe Soetta, untung Maruf sama Dedy udah nyampe duluan, kita ketemunya di terminal 3, terminal keberangkatan kita ke Singapore..
Ke singaporenya bertujuh (Saya, Dinan, Ririn, Dina, Wahyu, Maruf, Dedy)... yang udah nyampe bandara baru saya, Maruf, Dedy... yang lainnya belum datang, Dinan berangkat dari rumahnya yang kebetulan di Jakarta, Ririn, Dinan, Wahyu.. mereka baru nyampe stasiun senen, sebenarnya saya juga salah satu rombongan yang naik kereta dari Jogja,, tapi bukan nasib naik kereta rame-rame...
daripada nungguin mereka yang belum datang, kita bertiga (saya, Maruf, Dedy) nyari Mushollah dulu buat solat Isya, sekalian tidur.. tapi ga tidur juga sih, nunggu bbm/telpon/sms dari Dinan yang ga lama lagi datang... sebelnya itu waktu maruf bangun dan tiba-tiba Maruf bilang "kamu udah ketemu Dinan?".. apahh?? Dinan?.. udah datang yah?... hikssss.... kenapa ga ngabarin coba kalau dia udah datang, kan capek nunggunya.. hummm *gagalngambek... ga bisa ngambek soalnya mau liburan, kita mau senang-senang dulu sebelum kembali kuliah lagi...

Wahyu, Saya, Ririn, Dina, Maruf
ga lama kemudian rombongannya lengkap,, hihi...
langsung Check in,, abis itu ke Mushollah solat Subuh.. trus kita harus lewatin petugas Imigrasi.. sialnya parfum Poksi ga bisa dibawa karena botolnya yang 200 ml itu,, haha... ini semua demi Poksi, hampir saja sabun mukaku ku buang demi parfum itu (mindahin ke botol sabun), tapi Dinan bilang "udah, kamu bisa beli lagi" (dengan muka unyunya yang sok dewasa itu)... hahaha pisss aiiyyy....
............................bersambung...............................

Saturday, February 15, 2014

sehari bersama POKSI

sarapan yang enak pagi-pagi di Makassar itu adalahhhh teng teng tengggg... ini dia Coto Makassar.. baru kali ini nyobain Coto yang ada di jl.Nusantara.. dan ternyata rasanya ga jauh beda sama Coto Gagak ataupun Coto Paraikatte... kalau ke Makassar jangan lupa nyobain ini yaaa....
lanjuttt... dari Coto nusantara, kita mampir ke toko oleh-oleh khas Makassar,, ini baru hunting oleh2 buat Mamanya aiyy... hihi.. trus makan pempek di pa'baeng-baeng,, abis itu masih belum kenyang juga kita mampir beli cemilan di pisang goreng nugget di Alauddin,, perjalanan pulang ke Takalar dilanjutkan...
nih kelakuan kami kalau lampu merah...
Anty, saya, Niny
abis makan kapurung di rumahnya Niny, makan durian sama rambutan... puas puas puas... Alhamdulillah...
hari ini belum selesai,, kita pulang ke rumah masing-masing lagi soalnya masih ada lagi acara malam yang wajib dihadiri,, pesta pernikahannya Sri (teman SD-SMP)... hujan-hujan pake high heels lari-lari.. haha demiiiii Sri... 
yahh begitu deh,, bahagia sehari bersama Poksi tanpa kurang satu anggota... love you all galz.. :*