Thursday, April 29, 2010

Makkah Al Mukarramah

Bismillahirahmanirrahim
Alhamdulillah bisa juga terbitkan entri ini selama hampir setahun masih tersimpan di draft.. hehe,, akhirnya ada juga waktu buka blog ini,,, _"
kali ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya.. pengalamam tak terlupakan saat saya menjalankan ibadah di Makkah Al-Mukarramah...

Flashback lagi yah...
hari itu, 6 November 2009 Sabtu subuh sekitar jam 2, waktu Saudi Arabia. Berangkat tanggal 5 November 2009 dari Madinah Al-Munawwarah setelah solat jumat di masjid Nabawi. perjalanan ini jujur sangat melelahkan tapi sangat membahagiakan pastinya karena ini pengalaman pertama. selama 8 jam perjalanan naik bus dari Madinah ke Mekkah, akhirnya sampai juga dengan selamat,,, hanya tersisa waktu 3 jam saja untuk mencari kamar, koper, tak ketinggalan juga tas jinjingan,, hotel yang akan dihuni selama kurang lebih 20 hari... Subhanallah saya sungguh termasuk orang yang beruntung (itu yang Mama selalu bilang ke saya)...
inilah saat dimana untuk yang pertama kalinya saya melihat Masjidil Haram. dan tentunya juga untuk yang pertama kalinya saya lihat ka'bah secara real dan dengan mata kepala saya sendiri...

yang saya tau itu Masjidil Haram itu sebagai pusat kota mekkah, dimana di dalamnya terdapat ka'bah sebagai kiblat umat islam.. kata Mama dari waktu ke waktu, masjid ini mengalami perluasan. sebelumnya masjid ini gak seluas ini....

:: hari ke 3 di Mekkah ::
alhamdulillah betl-betul nikmat yang Allah berikan ke saya yang semmpat mencium Hajar Aswad,, antara hidup dan mati saya jalan di pinggiran ka'bah sambil manjat-manjat tapi Mama dibelakang saya yang menahan.. betul-betul salut buat Mama deh (wonder woman)...hehe.... many thanks too buat Bonda Mimo yang selalu ikut bersama kami kemanapun saya dan Mama pergi.. oy,, Hajar Aswad itu batu hitam yang letaknya di sudut tenggara ka'bah dilingkari besi putih yang direkat dengan timah terletak kira-kira setinggi satu setengah meter dari permukaan lantai masjid. dari sudut inilah putaran thawaf dimulai dan diakhiri, dan kalau keadaan memungkinkan setiap putaran, disunnahkan menciumnya atau mengusapnya dengan tangan kanan kemudian dikecupnya tangan kita. mencium Hajar Aswad diluar waktu thawaf juga disunnahkan dengan niat mengikuti petunjuk Nabi SAW semata.

di masjidil haram



lagi nunggu bis ke masjidil haram untuk solat subuh,, yg duduk dijalan itu saya,, hihi

teman dari Turki...:D


bersama gadis-gadis Pakistan

Wukuf di Arafah

Rabu, 25 November 2009 (9 Dzulhijjah), 23.00
sambil nunngi bis yang akan membawa kami ke Arafah,, setelah solat isya, ada misabaqoh dari pembimbing sebelum berangkat ke Arafah. beliau selalu mengingatkan apa tujuan Haji kami, apa yang harus kami lakukan, taubat, taubat, dan taubat... dzikir, tadmid, dan takbir...

sepanjang perjalanan ke Arafah melewati padang pasir dan jalan raya yang sudah penuh dengan lautan manusia. di pinggir-pinggir jalan tersedia kran air yang siap diminum, juga toilet-toilet yang (selalu) penuh antrian jamaah...
alhamdulillah, jam satu dini hari kami sampai di tenda kami di Arafah, sebelum masuk ke waktu wukuf, kami memanfaatkan untuk beristirahat, makan, dan menyelesaikan urusan ke toilet....
............
:: Wukuf di Arafah ::
tanngal 09 Dzulhijjah seluruh jamaah haji dari berbagai negeri dengan bahasa dan warna kulit yang berbeda berkumpul di tempat ini dengan tujuan yang sama untuk melakukan wukuf sebagai salah satu dari rukun haji. meupakan tanah lapang atau padang yang luas, dikelilingi oleh bukit berbentuk setengah lingkaran.

setelah wukuf,, beberpaa teman dari regu saya minta diantar ke WC,, buang air kecil.. herannya saya,, waktu nunggu teman yang lagi pada antri.. banyak jamaah dari kota semarang ngambil daun-daun yang jatuh...saya nanya gitu ke orangnya, "itu daun mau diapain??",, katanya buat obat .. kalau sementara berihram itu kita kan gak boleh metik-metik daun sembarangan,, jadinya ambil daunnya cuma yang jatuh aja... hehe...
ternyata pohon itu berasal dari pulau jawa yang dikenal dikalangan mereka dengan "pohon Soekarno", karena konon ceritanya yang memberi gagasan ini adalah Presiden RI Soekarno, seperti gagasannya di tempat Sa'i ada jalur khusus bagi jamaah haji yang didorong menggunakan kursi roda, seperti yang ada sekarang ini..

Jam 11.30 dimukai khutbah Arafah oleh pak Kandep (pembimbing kloter 7). sungguh air mata tidak berhenti mengalir, mendengar tausiyah dari beliau, berasa banyak dosa-dosa saya, betapa besar dosa-dosa yang telah saya lakukan, ya Allah, ampuni semua dosa-dosa saya...
oiya,, wukuf itu artinya berdiam diri atau berhenti tidak berjalan. setiap jamaah haji harus melakukan wukuf di Arafah, sekalipun dalam keadaan sakit sampai tidak sadarkan diri dengan cara safari wukuf, yaitu orang-orang yang sakit itu diangkat dalam mobil khusus disertai dokter atau perawat datang ke Arafah pada waktu wukuf kemudian dikembalikan ke rumah sakit.. sebab kalau tidak berwukuf maka hajinya tidak sah. waktu wukuf tersebut dimulai dari tergelincir matahari sampai terbenamnya.

waktu wukuf jam 12.00-17.00 waktu Saudi Arabia... saya, mama, serta teman2 regu mencari temapt untuk bermunajad kepada Yang Maha Kuasa. waktu itu saya sempat telpon Tetta, (minta maaf kalau selama hidup saya selalu ngerepotin Tetta, selalu buat Tetta jengkel, selalu menyinggung hati Tetta , tak lupa saya juga meminta maaf ke Mama yang persisnya ada didekat saya saat itu, langsung saja kupeluk erat Mama dan minta maaf air mataku jatuh tak tertahan saat itu.. sungguh air mata ini tidak berhenti mengalir,, tiada detik saya gunakan untuk memohon segala ampunan pada Yang maha Kuasa.

jam 17.00 ditutup doa kembali oleh pembimbing kloter dan kami salaing memaafkan satu sama lain. saling berpelukan... saya juga liat beberapa pasang suami istri yang saling memaafkan.. hehe... jadi kepengen juga pergi haji lagi bareng suami sendiri.. Amiin yaa Rabb...

Bunyi perut saya akhirnya terdengar juga sampe-sampe Mama pun dengar,, jadinya Alhamdulillah deh permintaan perutku pun dikabulkan... sementara saya makan, banyak teman-teman jamaah lain yang menyibukkan diri menelpon keluarganya di indonesia,, ada juga yang sibuk jepret-jepret... hehe...

pengen juga rasanya jepret-jepret tapi sayang sekalai saya dimarahin Mama,, katanya gak boleh,, ini bukan buat foto-foto,, karena kita lagi menghadap Allah... toh sapa yang tau kalau besok kita masih hidup di dunia,, jadinya foto** itupun tak ada artinya...
ini beberapa foto yang sempat saya ambil dari teman rombongan saya...
...........
jam 19.00 kami bersiap berangkat ke Muzdalifah untuk bermalam disana..
lagi-lagi berebut bis.. perjalanan ke Muzdalifah ini perjalanan yang terberat, gimana tidak, lautan manusia di saat yang bersamaan bergerak munuju ke Muzdalifah. Alhamdulillah akhirnya rombongan kami sampe ke tenda Mina, abis nyimpan tas... langsung Mama ngajak saya tidur di atas tanah beratapkan langit dengan bintang** yang megantar tidur saya sejenak sekitar 10 menit,, hehe....
lanjut melontar jumroh...

jumat, 27 November 2009
kloter kami mengambil Nafar Awal,, berhubung kloter kami akan kembali ke tanah air lima hari lagi,, Nafar awal itu melempar jumrohnya sampai 2 hari (13 Dzulhijjah baru meninggalkan Mina). untuk hari pertama pelemparan kita hanya melempar untuk jumrotul Aqabah yaitu melontar jumroh 7 kali dengan batu kecil yang dibawa dari Muzdalifah..
untuk hari berikutnya kita melempar untuk tiga jumratul, yaitu jumratul Ula dengan 7 batu lalu berdoa, setelah itu untuk jumratul wustha dengan 7 batu lagi lalu berdoa dan terakhir untuk jumratul Aqabah dengan 7 batu lagi.. jadi total kita perlu 70 batu kecil (7 di hari pertama dan 21 untuk tiap 2 hari berikutnya)...

perjalanan memang terasa lebih panjang dari tenda kami kloter 7 yang bermaktab 6 dimana tenda kami berada kurang lebih 7 km dari tempat pelontaran, tetapi insyaAllah dengan selalu mengucap dzikir akan terasa lebih ringan. Buat kami dan juga buat para jamaah haji umumnya kurma satuan dalam plastic adalah bekal yang harus selalu kami bawa selama perjalanan dan juga selama ibadah di tanah suci, bekal yang sangat mujarab buat tenaga kita. sebagaimana yang saya tau kalau Haji salah satunya adalah ibadah fisik..
ada saat dimana kami benar-benar berimpit-impitan hanya bisa memegang bahu teman serombongan agar tidak terpisah dari rombongan kami. Allahu Akbar tak henti-hentinya kami ucapkan, saat kami benar-benar terjepit di antara lautan manusia, terdorong ke samping, ke depan. saya berusaha tidak melepaskan diri dari himpitan lautan manusia.

Alhamdulillah tanggal 27 setelah lempar jumrah Ula jam 3 subuh..langsung saja sekitar 12 orang dari rombongan 7 termasuk 3 orang dari regu saya ke Masjidil haram untuk tawaf tapi sebelumnya kami solat subuh berjamaah dulu... nah setelah melewati setengah perjalanan akhirnya kami pun dapat mobil sewa, dengan sedikit kemampuan berbahasa Arab yang saya dapat dari buku,, hehe... akhirnya bisa lobi** pak supirnya juga.... pas di Masjidil hara,, abis tawaf dan sa'i,, duduk sejenak.. eh Mama langsung narik tangan saya.. Mama bilang solat ied... Alhamdulillah dapat kesempatan juga solat ied di Masjidil haram...
Mama,, jazakumullah khoiton katsiran atas semuanya selama perjalanan yang penuh nikmat Allah yah....
ini nih,, jepret** yang berhasil diselamatkan... hehe

ini rombongan 4 lg diskusi,,,
suasana nganti d wc,,Arafah
tenda kloter 7 Takalar, Makassar, dan Luwu timur,,di mina,,jaraknya 7 km dari tempat pelontaran


terowongan,,,menuju tempat pelontaran

tempat pelontaran
ula, wustha dan aqabah..

Madinah Al Mukarramah

Alhamdulillah akhirnya bisa juga berbagi sedikit cerita dan kesan selama perjalanan haji di madinah setelah disibukkan dengan tugas2 yang numpuk.

mudah-mudahn ada manfaat untuk bekal bagi kalian yang punya kesempatan berkunjung ke kotanya nabi Allah SWT, dan tamunya Rasulullah Muhammad SAW.
Subhanallah, Masyaallah cantik....arsitektur masjid nabawi mwmang sangat indah, baik dari kaligreafi yang ada, struktur tiang bangunan yang megah, lampu-lampu gantung yang dihiasi dengan emas. atap buka tutup yang otomatis....masjidnya hanya dibuka sampe jam 12 saja. nah d masjid ini ada taman surga (raudhah).
Raudhah dibuka untuk perempuan dari abis shubuh sekitar jam 6an sampe menjelang ashar, setelah itu ditutup, karena dipergunakan untuk kaum laki-laki dan dibuka lagi sekitar jam 10 malam. alhamdulillah, saya sempat merasakan nikmatnya berlama-lama di raudhah, walaupun awalnya saya telat karena pas nyampe sana sudah ramw. dnegan berbekal doa, ikhtiar dan tawakkal saya terus mencari-cari tempat yang kosong, alhamdulillah saya dipersilahkan untuk sholat. dengan segera saya melaksanakan sholat dan berdoa. betul-betul merasakan suasana batin yang luar biasa saat itu, saya curahkan segala doa, harap dan ampunan atas segala dosa-dosasaya, dosa kedua orang tua, saudara-saudara, teman-teman, muslimin wal muslimat baik dosa disengaja maupuyang tidak disengaja dan memudahkan segala niat dan hajat-hajatku.

hari ke-3 di madinah, kloter 7 akhirnya pergi berziarah ke beberapa tempat di antaranya kebun kurma, para jamaah pun banyak yang berbelanja oleh-oleh. truz, kita ke masjid Quba yaitu masjid yang pertama kali dibangun oleh nabi Muhammad SAW. setelah dari masjid Quba rombongan pun pergi ke masjid Qiblatain (masjid 2 kiblat) tapi rombongan G masuk, cuma diluar saja karena takut ketinggalan shalat dhuhur d masjid nabawi. nah,,,,ini..saya nekad,,,, saya lari sekencang-kencangnya,,sampe2 mama yang G bisa terlalu capek pun,,saya paksa,,,Alhamdulillah,,,atas niat yang begitu dahsyatnya,,,hehe...akhirnya saya bisa juga solat 2 rakaat di masjid Qiblatain...
 perjalanan dilanjutkan ke jabal uhud. dimana kami menyaksikan bagaimana kondisi jabal uhud. klo berdasarkan sejarah di perang uhud ini kaum muslim mendapatkan kekalahan yang luar biasa. banyak para sahabat yang terluka bahkan menjadi korban. bahkan nabi kitapun mengalami luka berat.


dari bandara king abdul azis,,,langsung ke madinah
ini depan hotel pas nya Hilton Hotel,,,tapi nama hotel yang saya tempati itu namanya Durrat Al Fayroz...
anak kecil dari mesir..,, makasih yah udah bagi rotinya :D
ini mamanya

Tuesday, April 13, 2010

awal keberangkatan haji 1430H/2009M

Alhamdulillahi rabbil alamin…….
kita dikasih berkah dan izin sama Allah untuk menunaikan ibadah Haji 1430H/2009M..


Awalnya rasa dumba-dumba gleter (deg-degan) muncul, campur baur antara senang dan was-was karena banyak denger cerita  dari orang-orang yang telah menginjakkan kaki mereka di sana,.....
Alhamdulillah setelah ikut manasik inti yg diadakan, meskipun manasiknya hanya bisa saya ikuti 50%nya saja tapi Alhamdulillah di rumah di bimbing manasiknya sama mama….


yah,,,mulai kebayang akan seperti apa nanti disana Aziziah, Mekkah, Mina, Arafah, Muzdalifah, Madina,
27 Oktober 2009 (2 Dzulhijjah 1430H) adalah tanggal keberangkatan kita menjadi tamu ALLAH. kita diminta untuk kumpul di kantor bupati takalar, dari pagi jam 7 an belum sampai di pintu gerbang orang-orang berteriak histeris ngelihat uni,,,pipiku pun sakit dicubit-cubit saking gemesnya mereka…
tapi uni harus sabar,,,satu cobaan mungkin sebelum menjadi tamu Allah. Masuk asrama haji sudiang jam 10an,,,,pembagian tanda Pengenal (gelang N KTP Arab Saudi)periksa kesehatan dan istirahat di kamar sebelum terbang ke Mekkah….


Setelah pamit-pamitaan sama keluarga dan teman-teman malamnya, Jam pagi jam 6:30 masuk Aula acara pelepasan Haji 1430H Mulai dari pembacaan ayat suci Alquran oleh ustadz sampai ceramah/pembekalan singkat  yang cukup membuka cakrawala tambahan ibadah haji disana nanti…..
Lanjut kita berdoa agar sebelum, selama dan setelah ibadah Haji diberkahi selalu dan diberi kemudahan oleh Allah SWT dan tak lupa pula pembagian Living Cost dan Pasport,  then jam 10 teng kita berangkat ke Bandara pake Bus, tiba di bandara langsung naik pesawat dengan tertib layaknya pasukan paskibraka meskipun ada sejam nunggu di bandara,,,,,


Alhamdulillah akhirnya pesawatnya langsung take off dari bandara Hasanuddin ke Jeddah bandara King Abdul Azis, Arab Saudi. Menurut pramugari kalau waktu tempuhnya kurang lebih 12 jam lebih 5 menit….Oh iya, ada beda waktu antara waktu Makassar dengan di Arab Saudi, yaitu 5 jam. Lebih dulu waktu Makassar dibanding di Abab, jadi kalau di Makassar jam 10 pagi, maka di Arab baru jam 5 pagi…


Tepat jam 4 pagi kami tiba di Jeddah …..seumur-umur saya baru lihat orang arab secara langsung postur badannya masyaAllah tinggi semua kalau saya berdiri di samping mereka mungkin hanya sebatas sikunya saja….Oy,,,kalau disini checkpoint nya banyak, jadi mesti sabar, sempat waktu itu uni dipersulit karena passportnya ada yang salah, untungnya uni disayang Allah jadi masalahnya cepat selesai. Dengan kesabaran yg tinggi dan kepasrahan melewati begitu banyak proses administrasi azan subuh mulai berkumandang tapi bingung karena kami mau shalat apa yah??? Padahal di atas pesawat tadi kami sudah shalat dengan mengikuti jam tangan kami yang belum diubah sama sekali masih jam waktu Makassar…kami putuskan shalat subuh saja waktu Arab…


Dari Bandara Jeddah lanjut perjalanan ke Madinah,,,lagi-lagi kami satu rombongan diberi cobaan lagi ma Allah tadinya pesawat kami yang bermasalah sekarang bus kami yang bermasalah keluar asap dari mesinnya,,dua kali bus kami mogok dan pas mogok yang keduanya langsung saja kami ganti bus dan perjalanan dilanjutkan…shalat dhuhur dulu diperjalanan sampai ke Madina Almunawara-Center Area-Under Durah- Al-Fairooz Hotel shop No.(1) pas depan Hilton Hotel kurang lebih 200m dari masjid nabawi, alhamdulillah jam 3 sore di tanggal 29 Oktober 2009 (10 Dzulqa'dah 1430H) saya di kamar no. 209 lantai 2 trus langsung deh atur barang istirahat sejenak sebelum melakukan arbain…..
subhanallah………..

bandara king abdul azis
L-R (saya, mama)

L-R (kk Ngai, saya)


hotel tempat kami tinggal selama 8 hari di Madina


with tante dri Malaysia

Thursday, April 8, 2010

Rejeki Melaksanakan Ibadah Haji

....Bismillahirrahmanirrahim....


baru bisa nulis lagi selama tiba di tanah airku Indonesia....
ini pertama kalinya saya ke luar negeri,,,Alhamdulillah dikasi kesempatan ma Allah,,,syukur  Alhamdulillah tak terasa air mataku jatuh,,pipiku yang awalnya penuh bedak,,,meleleh...ya Allah...pertama kalinya ku ke luar negeri naik pesawat besar! seperti yang di tv...hehe lebay deh...saat naik pesawat, OMG!! besar banget yah...sesuai urutan, duduk dibagian tengah dekat jendela.....

pramugarinya cantik-cantik dan guanteng**..upzzz....asli Mks Ces,,tapi lebih manis saya lah..(narsis).. -"
oiya,,,mereka juga cas cis cus pake bahasa Indonesia,,bugis,,mks jg. persis banget ma penumpang yang bakalan mereka bawa ke negeri sebrang. ada juga pilotnya  dari luar negeri,,,keren banget lah,,, cantik....manisnya kayak saya,,pake bhs.Inggris pula...salut deh,,sepertinya dia itu orang jerman...

selama perjalanan yang bisa dilihat cuma awan-awan tebal yang bertingkat-tingkat itu yang sejajar. bagian bawah yang keliatan cuma birunya laut n setitik hitam ditengah-tengahnya mungkin ada kapal besar hanya saja karena dari kejauhan terlihat sangat kecil.

sempat berpikir,,,bagaimana Tuhan mengatur alam semesta ini yah??? ratusan orang Ia ciptakan,,,bila sangat besar alam ini Ia ciptakan, dan Ia menganggap kecil, sebesar apa Ia???? Sungguh Ia benar-benar Maha besar,,,otomatis lah!!!

sempat juga dipeerjalanan,,,kami dikejutkan dengan AC pesawat yang mati,,, so, kami transit di Batam selama kurang lebih 5 jam lah...para calon tamu Allah,,mulutnya sudah komat-kamit semua terNyata mereka membaca doa agar tak terjadi apa-apa ....tapi saya heran dengan diriku sendiri yang tak merasakan sekali apa-apa seperti yang dirasakan para tamu Allah lainnya...mungkin Allah mengabulkan doaku,,yang ingin sekali menginjakkan kaki di bandara batam,,karena capek duduk d pesawat,,,ya tak ape lah....injak batam sekali"....

akhirnya pesawat juga baik kembali,,tadinya ada isu kalo pesawatnya mau dipensiunkan dan diganti dengan pesawat yang lainnya...tapi ternyata semua itu boong...

selama perjalanan, pengen buang air kecil terus,, gimana tidak pesawatnya kayak lemari es....
saat menuju toilet.  ow..ow....hihhhhh!! deh?! ada apa?!
oh ternyata...para tamu pesawat tidak terbiasa dengan model kamar kecilnya. mereka membutuhkan air untuk membersihkan semuanya, untuk mengguyar segalanya. tetapi d wc pesawat tidak tersedia, ya...dengan seadanya mereka berusaha untuk melakukan itu,,,jadinya, tau sendiri, kan!
masih di asrama haji sudiang
transit di batam

Monday, March 1, 2010

Hi there

Hi There.... Bismillahirrahmanirrahim....
first of all,
welcome to my blog... :D
Actually, this is my second blog... knp?? karena blog yang pertama itu lupa pake email yang mana ( uppzz,, bocor deh),,, hehe *sengaja.... baru sempat buat blog lagi,, kangen pengen nulis... yaahhh,, it is the reason why I make blog again and again....

Jiun math??? Jiun itu salah satu dari sekian banyak nama Uni,, hehe... bbut now in my family itu sudah jadi nama tetap Uni,, Math?? karena sekarang Uni adalah student in mathematics department ICP makassar state University...

oy,, sebelumnya Uni minta maaf kalo isinya kebanyakan pengalaman Uni saja... hehe.. but, I hope I can post something yang bisa bikin kalian tertatarik untuk membaca....
I want to thank everyone out there who read it..... hope you'll enjoy my blog.... :D....